Sabtu, 07 Juni 2008

TIPS AWET MUDA

Oleh: Muhammad Najib

Semua orang pasti ingin terlihat awet muda.

Untuk mencapainya, ada rahasia yang bisa dicoba.


Semua orang pasti mengalami penuaan seiring dengan bergulirnya waktu. Namun perlu diingat, bahwa umur seseorang tidak hanya didasarkan pada hitungan kalender. Tapi, ada juga yang namanya umur biologis. Artinya, umur kategori itu didasarkan pada kemampuan fungsi biologis seseorang.
          
Seseorang bisa dikatakan awet muda jika kondisi fisik umur biologis tampak lebih muda daripada umur kalender. Itu bisa didapat dengan menjaga serta meningkatkan kualitas pertumbuhan dan fungsi sel organ tubuh secara optimal. Dengan sendirinya akan terjadi perlambatan umur biologis.

Bagaimana caranya?

Poin pertama adalah santapan makanan yang benar. Artinya, makanan yang dikonsumsi harus disesuaikan dengan kebutuhan. Asupan yang diperlukan tiap individu berbeda, bergantung pada usia, beban kerja, berat badan, dan pantangan makanan.
Ingat, berhenti makan sebelum kenyang!.
          
Yang kedua, santapan olah raga yang benar. Sama seperti makanan, kebutuhan olah raga tiap orang juga berbeda. Faktor yang mempengaruhi jenis olah raga adalah usia, pekerjaan, tingkat kebugaran, kondisi fisik dan tujuan.

Agar santapan itu berlangsung dengan baik dan berkesinambungan, ada baiknya memilih olah raga dengan kriteria 5M. Mudah, Murah, Meriah, dan Manfaat bagi Masyarakat. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak berolah raga. Sebab hal tersebut gampang dilakukan.

Poin ketiga adalah santapan pengetahuan yang benar. Jangan merasa sudah terlalu tua untuk menyerap pengetahuan baru, baik sesuai dengan profesi atau tidak. Pengetahuan luas akan memudahkan orang berkomunikasi dengan siapapun. Juga, bisa meningkatkan rasa percaya diri. Sebab, kita bisa masuk dalam komunitas apapun dan nyambung ngomong sama siapa saja.

Santapan sosial-budaya-masyarakat menjadi poin keempat rahasia awet muda. Itu berarti semua orang harus bisa bergaul dengan masyarakat tanpa membedakan usia, strata ekonomi, atau suku dan adat istiadat. Semua adalah teman. Jadi, kita nggak stres karena mungkin kepikiran punya musuh.

Terakhir, tapi tidak boleh dilupakan adalah santapan rohani. Poin tersebut berkaitan dengan pembinaan mental dan spiritual. Kalau itu semua dilakukan, awet muda bukan lagi hal yang sulit dicapai.

Tidak ada komentar: